Apa Sih Investasi yang Aman untuk Gen Z?

Apa Sih Investasi yang Aman untuk Gen Z?

Di era modern, Gen Z mulai memikirkan masa depan keuangan mereka lebih awal. Untuk mencapai tujuan keuangan yang mereka inginkan, Gen Z berbondong-bondong mulai melirik dunia investasi. Investasi adalah bentuk penanaman aset atau dana untuk jangka waktu tertentu dengan harapan mencapai pengembalian yang lebih tinggi di masa depan. Meski demikian, memulai investasi bisa terasa menakutkan bagi banyak anak muda. Artikel ini akan membahas tentang investasi yang aman bagi Gen Z.

Jika kamu adalah Gen Z yang ingin memulai investasi dengan aman, terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut ini beberapa pilihan investasi yang relatif aman dan cocok untuk SoBi:

  1. Reksa Dana Pasar Uang
    Reksa dana pasar uang menjadi salah satu pilihan yang aman dan mudah bagi para Gen Z. Dana yang diinvestasikan biasanya ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi jangka pendek. Meski keuntungan yang didapat investasi ini relatif kecil, namun resikonya juga rendah. Sehingga investasi di Reksa Dana Pasar Uang menjadi salah satu rekomendasi yang cocok untuk Gen Z yang ingin berinvestasi lebih aman.

  2. Emas
    Investasi emas adalah penanaman modal berupa emas yang ditunjuk untuk mendapatkan keuntungan. investasi ini masih menjadi salah satu investasi yang dianggap aman oleh kebanyakan orang. Harga emas yang cenderung stabil meskipun terkadang mengalami fluktuatif, tetap menjadi pilihan yang baik untuk para Gen Z dalam berinvestasi. Kelebihan investasi emas lainnya adalah Likuiditas yang tinggi, sehingga bisa dicairkan dengan cepat dan kapan saja jika Gen Z membutuhkan dana.

  3. Surat Berharga Negara (SBN)
    Belakangan ini, investasi pada Surat Berharga Negara sedang banyak dilirik oleh kebanyakan orang. Surat Berharga Negara (SBN) adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah langsung. Karena diterbitkan oleh pemerintah, instrumen ini sangatlah aman. Ada beberapa jenis obligasi, seperti ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang bisa dibeli oleh individu.

  4. P2P Lending dengan Jaminan
    Peer to Peer lending juga menjadi salah satu investasi yang banyak diminati orang ramai. P2P lending sendiri adalah investasi dimana kamu meminjamkan modal untuk pihak lain seperti individu maupun pelaku UMKM. Kkamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan oleh pinjaman. Terdapat beberapa platform menawarkan jaminan dan proteksi untuk modal yang diinvestasikan, sehingga resiko yang didapat kamu pun akan lebih rendah. Namun dalam hal ini, pastikan kamu telah memilih platform yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

  5. Robo Advisor
    Robo Advisor adalah jenis investasi aman lainnya yang cocok untuk kamu para Gen Z. Meskipun terdengar masih baru, Robo Advisor sangatlah berguna untuk kamu yang baru saja memulai investasi. Sebab, Robo Advisor akan memberikan rekomendasi investasi reksadana yang cocok sesuai dengan profil risiko kamu. Rekomendasi yang diberikan oleh Robo Advisor akan membantu kamu melakukan investasi dengan benar dan memperoleh keuntungan. Perlu diperhatikan oleh kamu Gen Z, pastikan Robo Advisor yang kamu investasikan berizin resmi dan sudah diawasi oleh OJK.

Itu tadi 5 instrumen investasi yang aman untuk kamu para Generasi Z. Penting untuk kamu ingat SoBi, bahwa semua investasi memiliki risiko. Pahami risiko yang ada dan jangan ragu untuk terus belajar agar dapat memperkaya pengetahuan finansialmu. Dengan memulai dari instrumen yang lebih aman dan melakukan diversifikasi, kamu bisa membangun fondasi yang kuat untuk masa depan finansial yang lebih stabil dan menguntungkan. Bijaklah dalam mengambil keputusan untuk investasi. Selamat berinvestasi, SoBi!