Apa itu Digital Nomad dan Bagaimana Kita Bisa Menjadi Digital Nomad yang Sukses?

Apa itu Digital Nomad dan Bagaimana Kita Bisa Menjadi Digital Nomad yang Sukses?

Hidup di era digital seperti saat ini, mungkin kamu pernah mendengar tentang istilah Digital Nomad. Tapi apakah kamu tahu tentang pengertian dari Digital Nomad? Nah di artikel ini, kami akan berbagi informasi mengenai pengertian, seluk beluk, termasuk tips menjadi Digital Nomad yang sukses di era digital. 

Sebenarnya, apa sih yang dinamakan Digital Nomad? Digital Nomad merupakan sebutan untuk pekerja yang bekerja secara remote dan kerap bepergian ke banyak tempat untuk melakukan pekerjaannya. Biasanya, kita bisa dengan mudah menemukan Digital Nomad di tempat-tempat seperti coffee shop, co-working space, perpustakaan umum, atau tempat umum lainnya. Pada dasarnya, mereka dapat bekerja dimana saja, selama terdapat koneksi Internet yang memadai. 

Beberapa pekerjaan yang biasanya menjadi idaman pada digital nomad adalah freelancer, dimana mereka tidak terikat pada satu pekerjaan saja, tapi mereka bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus di waktu yang sama. Tapi biasanya untuk menjadi freelancer, kamu wajib memiliki keahlian khusus seperti desain grafis, penulisan, terjemahan, IT, tutor, dan sejenisnya. 

Jika kamu tertarik untuk menjadi digital nomad, berikut ini beberapa tips untuk menjadi digital nomad yang sukses di era digital seperti saat ini:

  1. Tentukan Tujuan Kamu Menjadi Digital Nomad
    Pertama-tama, tanyakan kepada diri sendiri apa alasan kamu ingin menjadi Digital Nomad. Langkah ini penting karena ini menjadi titik awal bagi kamu untuk memulai sesuatu yang baru.
    Bisa jadi kamu memutuskan untuk menjadi Digital Nomad karena ingin memiliki lebih banyak waktu luang bersama keluarga, ingin traveling keliling dunia, atau mungkin jenuh dengan rutinitas kantor setiap hari. Apapun alasan kamu, pastikan kamu telah memikirkan semuanya secara matang, sehingga kamu akan selalu termotivasi dan tidak mudah menyerah atau menyesal di kemudian hari. 

  2. Ketahui Skill yang Kamu Miliki
    Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis pekerjaan apa saja yang ingin kamu kerjakan. Pilihan pekerjaan ini bisa lebih dari satu pekerjaan, karena kamu bisa menjadi penulis sekaligus penerjemah jika kamu memang memiliki skill keduanya.
    Selain itu, pastikan kamu pilih pekerjaan yang memang nyaman untuk dilakukan, serta jika memungkinkan, pilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu. Hal ini akan menjadi salah satu faktor penentu apakah kamu dipandang sebagai pekerja yang kredibel di mata klien.

  3. Buat Portfolio Hasil Pekerjaan Kamu
    Sebagai Digital Nomad, portfolio merupakan salah satu bentuk dokumentasi yang wajib untuk kamu siapkan. Portfolio bisa mencakup pekerjaan yang pernah kamu kerjakan, baik di tempat kerja kamu yang lama maupun hasil kerja kamu sebagai freelancer dari klien sebelumnya.
    Untuk membuat portfolio yang bagus dan meyakinkan, kamu bisa memperoleh banyak referensi dari Internet, atau bisa berkonsultasi dengan sesama Digital Nomad dengan jenis pekerjaan yang sama dengan kamu. 

  4. Cari Pekerjaan dengan Sistem Remote
    Sebagai Digital Nomad, tentu kamu harus mencari pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan sistem remote. Saat ini ada banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote dari mana saja. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai lowongan pekerjaan untuk Digital Nomad dari berbagai platform pekerja freelance seperti freelancer.com, sribu.com, upwork.com, dan lain sebagainya.

  5. Lakukan Uji Coba Terlebih Dahulu
    Sebagai pemula, ada baiknya kamu melakukan uji coba terlebih dahulu untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Misalnya, kamu bisa mencari pekerjaan freelance yang mudah terlebih dahulu dan coba lakukan dengan bekerja di berbagai tempat seperti di coffee shop atau co-working space.
    Apabila kamu masih berstatus sebagai pekerja kantor, kamu bisa mulai meminta izin untuk melakukan pekerjaan kantor secara remote selama beberapa hari. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui ritme kerja yang diperlukan untuk menjadi seorang Digital Nomad. 

  6. Siapkan Tabungan
    Satu hal yang menjadi tantangan dari pekerjaan sebagai Digital Nomad adalah penghasilan yang tidak pasti. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk memiliki tabungan yang mencukupi.
    Kamu juga perlu untuk memperdalam kemampuan kamu untuk mengatur keuangan, karena sebagai Digital Nomad, kamu bisa saja mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi. Namun di saat-saat tertentu, sangat mungkin kamu mendapatkan pekerjaan dengan bayaran yang rendah, bahkan sulit mendapatkan pekerjaan.

  7. Susun Rencana Kerja dan To Do List
    Seorang Digital Nomad perlu memiliki kemampuan manajemen yang baik, termasuk kemampuan untuk membuat perencanaan pekerjaan yang baik serta kemampuan manajemen waktu yang juga baik.
    Pastikan kamu tidak mengambil beberapa pekerjaan dalam satu waktu, karena hal itu akan membuat kamu overwhelmed dengan pekerjaan dan deadline, dan justru akan membuat hasil pekerjaan kamu menjadi kurang maksimal. 

  8. Bergabung dengan Komunitas Digital Nomad
    Saat ini ada banyak komunitas Digital Nomad, baik di Indonesia maupun luar negeri. Apabila kamu sudah terjun ke dunia Digital Nomad, ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas Digital Nomad secara online.
    Selain bisa mendapatkan tips-tips penting dalam melakukan pekerjaan kamu, kamu juga bisa mendapatkan insight mengenai tempat-tempat yang asyik untuk bekerja, atau informasi pekerjaan yang bisa kamu kerjakan.

Setelah kamu mengetahui beberapa tips untuk menjadi Digital Nomad yang sukses, apakah kamu semakin tertarik untuk mulai menjadi salah satunya? Jika kamu tertarik dan ingin mulai mencoba, pastikan kamu menggunakan koneksi Internet yang berkualitas ya. 

 

Kunci dari suksesnya pekerjaan seorang Digital Nomad adalah koneksi Internet yang cepat dan berkualitas. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mempercayakan koneksi internet pada layanan terbaik, salah satunya dari Bnetfit, Kamu juga bisa mendapat informasi mengenai promo menarik dan info terbaru mengenai Bnetfit dengan memfollow Instagram @bnetfit.