8 Strategi Marketing Terbaik untuk  Bisnis Startup Kamu

8 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Startup Kamu

Memulai bisnis startup kian banyak diminati oleh banyak kalangan, khususnya generasi milenial. Selain semakin banyaknya jenis usaha yang bisa dilakukan, semakin banyak juga kesempatan untuk banyak perusahaan startup untuk berkembang, melalui program startup incubator maupun pembiayaan startup yang dihadirkan oleh berbagai perusahaan dan lembaga, baik swasta maupun pemerintah. 

Bisnis startup memang menggiurkan, dan tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba peruntungan kamu di bisnis startup. Ada berbagai jenis bisnis startup yang berkembang dengan sangat baik di Indonesia. Beberapa diantaranya bisnis startup di bidang transportasi, travel agent, pendidikan, e-commerce, kesehatan, property, game online, dan teknologi informasi. 

Jenis bisnis apapun yang kamu pilih, pastikan kamu juga memikirkan strategi marketing yang akan kamu jalankan, untuk memastikan bisnis startup kamu dapat berkembang sesuai dengan harapan dan target yang kamu telah ditentukan di awal. Untuk membantu kamu menemukan strategi marketing terbaik untuk bisnis kamu, simak 8 strategi marketing yang bisa kamu terapkan:

  1. Menjalankan Program Public Relations
    Program Public Relations (PR) tetap menjadi primadona bagi perusahaan yang ingin membentuk image positif di mata pelanggan atau target market mereka. Program PR fokus pada konten yang diterbitkan di berbagai media, dimana media saat ini tidak hanya terbatas pada media cetak atau elektronik saja. Kini jenis media mencakup media online, media sosial, termasuk influencer atau selebgram yang juga bisa membantu bisnis kamu menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk menjalankan program PR, kamu bisa melakukannya secara internal dengan merekrut tim khusus, atau bekerjasama dengan agency PR yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

  2. Membuat Konten Marketing
    Membuat konten marketing yang relevan dan menarik untuk menggaet target audience bisnis startup kamu juga bisa menjadi pilihan. Konten marketing bisa kamu dalam bentuk video, artikel, endorsement, dan lain-lain. Konten yang telah dibuat bisa ditayangkan di berbagai channel dan platform, salah satunya website patau akun media sosial khusus, milik perusahaan kamu. 

  3. Berkolaborasi dengan Startup Lain
    Saat ini kolaborasi menjadi salah satu langkah penting yang bisa dilakukan oleh bisnis startup untuk meningkatkan awareness khalayak mengenai usahamu. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk mengajak startup lain berkolaborasi, sebagai bentuk promosi bersama. Hal ini bisa menjadi langkah efektif untuk dilakukan, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. 

  4. Aktif di Media Sosial
    Di era digital seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu tool terpenting untuk membangun awareness publik mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis startup kamu. Beberapa platform media sosial yang wajib kamu miliki antara lain Instagram, Facebook, atau Tiktok. Buatlah perencanaan konten yang berkelanjutan dan pastikan kontenmu dapat membangun interaksi online yang baik dengan audience kamu. 

  5. Memaksimalkan Program SEO
    Kini semua hal dan informasi bisa kamu dapatkan secara online. Cukup dengan membuka Google Search Engine, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun yang ingin kamu ketahui dalam hitungan detik saja! Berdasarkan trend yang ada, pastikan kamu menjalankan program SEO atau Search Engine Optimization, untuk memastikan bahwa informasi terkait bisnis startup kamu akan muncul di laman orang-orang yang sedang mencari informasi terkait informasi tertentu. 

  6. Menjalankan Email Marketing
    Email Marketing masih menjadi salah satu cara terbaik untuk membentuk komunitas. Baik itu komunitas yang berisikan pelanggan setia kamu, atau mereka yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang usaha atau layanan/produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa berbagi informasi terkait peluncuran produk baru, promo khusus, atau program khusus untuk pelanggan baru atau lama melalui email.

  7. Menjalankan Program Afiliasi
    Program afiliasi juga menjadi salah satu pilihan program marketing yang semakin diminati oleh banyak startup. Program ini terhitung efektif dan sangat murah, karena kamu tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk menjalankannya. Kamu hanya perlu bekerjasama dengan pelanggan atau influencer, dimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari mempromosikan produk atau layanan kami di media sosial.

  8. Menjalankan Program Referral
    Program rerefal juga tengah menjadi primadona di kalangan pebisnis startup. Program referral bekerja melalui pelanggan yang mereferensikan atau merekomendasikan  produk/layanan kamu kepada orang lain. Apabila orang lain tersebut menjadi pelanggan kamu, maka pelanggan yang merekomendasikannya akan mendapatkan keuntungan. Bentuk keuntungannya bisa dalam bentuk komisi, barang, dan lain sebagainya, tergantung kebijakan yang ditentukan. 

Semoga beberapa strategi marketing di atas bisa memberikan kamu gambaran yang lebih jelas dan lengkap mengenai program yang paling sesuai untuk mendukung perkembangan bisnis startup kamu. Ingat bahwa strategi apapun yang kami pilih, perlu didukung oleh koneksi Internet yang stabil dan memadai dari Bnetfit

 

#generasimuda #generasomilenial #generasiz #eradigital #gayahiduponline #internetsehat #belajaronline